Kerangka Pancasila dalam Konteks Persatuan dalam Kebhinekaan | PKN


Kerangka Pancasila dalam Konteks Persatuan dalam Kebhinekaan

Historitas :
Pancasila adalah satu-satunya alat pemersatu bangsa Indonesia. Dalam fakta sejarah, selama 350 tahun Negara Indonesia dijajah dan dieksploitasi segala sumber dayanya, sumber daya alam maupun sumber daya manusianya. Perjuangan bangsa Indonesia yang dulu bersifat kedaerahan ternyata tidak membuahkan hasil sama sekali. Bahkan menjadikan perpecahan antar bangsa di Indonesia. Kemudian bangkitlah kesadaran bangsa Indonesia, terutama pemuda-pemuda Indonesia untuk saling bersatu dan melawan penjajah bersama-sama. Sehingga teraihlah kemerdekaan Indonesia yang dapat dinikmati hingga sekarang ini.
Melihat sejarah dalam mencapai kemerdekaan, persatuan Indonesia menjadi salah satu pondasi terkuat berdirinya bangsa Indonesia dan landasan untuk bangsa Indonesia dalam menjalankan pemerintahan, memajukan bangsa, dan menghadapi ancaman sekalipun. Keberagaman suku dan budaya di Indonesia juga perlu disatukan oleh suatu landasan pemersatu yang kuat.

Obyektivitas :
Negara mengatasi segala paham golongan, etnis, suku, ras, individu, maupun golongan agama. Mengatasi dalam arti memberikan wahana atas tercapainya harkat dan martabat seluruh warganya. Negara memberikan kebebasan atas individu, golongan, suku, ras, maupun golongan agama untuk merealisasikan seluruh potensinya dalam kehidupan bersama yang bersifat integral. Oleh karena itu tujuan negara dirumuskan untuk melindungi segenap warganya dan seluruh tumpah darahnya, memajukan kesejahteraan umum (kesejahteraan seluruh warganya) mencerdaskan kehidupan warganya, serta kaitannya dengan pergaulan dengan bangsa-bangsa lain di dunia untuk mewujudkan suatu ketertiban dunia yang berdasarkan perdamaian abadi dan keadilan social.
Realitas :
Persatuan Indonesia adalah satu untuk Indonesia walaupun keadaan dimasyrakat sangat penuh perbedaan tetapi  harus menjadi satu darah Indonesia dan rela mengorbankan kepentingan golongan demi negara Indonesia. Walaupun sangat kental dengan berbagai budaya yang berbeda tetap harus rukun menjaga kedamaian Bhineka Tunggal Ika.

0 Response to "Kerangka Pancasila dalam Konteks Persatuan dalam Kebhinekaan | PKN"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel