QnA Pendidikan Kewarganegaraan (PKN)

  1. Mengapa dalam memenuhi tuntutan regenerasi, penyiapan calon pemimpin bangsa lewat Pendidikan Kewarganegaraan harus diberikan di perguruan tinggi dan mahasiswa sebagai sasaran utama nya?
  2. Adakah relevansi antara tujuan pendidikan kewarganegaraan dengan tujuan sistem pendidikan nasional di Indonesia? Tunjukan jawaban saudara dengan berbagai rasional yang anda pergunakan!
  3. Dalam kerangka kurikulum persekolahan, Pendidikan Kewarganegaraan menempati kedudukan sentral dan strategis. Buktikan kebenaran pernyataan tersebut!



  1. Karena lewat pendidikan kewarganegaraan dapat menambah pengetahuan tentang kondisi maupun permasalahan negara saat ini. Dan sasaran utama pada mahasiswa karena, mahasiswa merupakan generasi penerus bangsa yang akan menjadi calon pemimpin dalam waktu terdekat ini, selain itu mahasiswa mempunyai pemikiran yang krits yang dapat menciptakan ide baru dan dapat merubah nasib bangsa agar lebih baik dimasa yang akan datang. karena itu para mahasiswa lah yang menjadi sasaran utama penyiapan calon pemimpin bangsa. 
  2. Adanya Relevansi antara kedua tujuan tersebut. Hal tersebut sesuai dengan tujuan dari masing-masing. Tujuan pendidikan kewarganegaraan yakni untuk menumbuhkan dan membangun wawasan dan kesadaran bernegara, sikap serta perilaku cinta tanah air. kemudian Tujuan sistem pendidikan nasional di Indonesia melalui Keputusan Presiden RI No.145 thn 1965 yakni Tujuan Pendidikan Nasional supaya melahirkan warga negara sosial Indonesia yang bertanggungjawab atas terselenggaranya masyarkat sosialis Indonesia adil dan makmur spiritual dan materil dan yang berjiwa Pancasila
  3. Pendidikan Kewarganegaraan rasionalnya menempati kedudukan yang sentral karena program pendidikan kewarganegaan memiliki kaitan langsung dengan program pendidikan. Program yang diajarkan yakni tentang mengenal suatu hukum atau lainnya yang berhubungan langsung dengan permasalahan di negara ini. Pendidikan Kewarganegaraan menempati kedudukan yang strategis karena pendidikan kewarganegaraan di pelajari dari sekolah dasar hingga pada perguruan tinggi. pendidikan kewarganegaraan dapat diterima mulai dari kalangan anak-anak sampai dengan dewasa karena pendidikan tersebut dilakukan agar dapat menumbuhkan dan membangun wawasan dan kesadaran ddalam bernegara.

0 Response to "QnA Pendidikan Kewarganegaraan (PKN)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel