Laporan Uji Rata-Rata Menggunakan SPSS (Statistika)

UJI RATA-RATA PENJUALAN PERDANA PAKET DATA TELKOMSEL DAN PERDANA PAKET DATA INDOSAT


A. LATAR BELAKANG
Internet menjadi kebutuhan utama bagi masyarakat Indonesia, terlebih generasi millennial. Mulai dari menonton streaming, gaming, mengakses jejaring sosial, browsing dan sebagainya dilakukan masyarakat Indonesia melalui koneksi internet. Kemajuan jaman yang berbasis teknologi dan informasi membuat tingkat kebutuhan internet semakin meningkat. Masyarakat saat ini tidak terlepas dari gadget yang berbasis internet. Kebutuhan akan internet saat ini menjadi kebutuhan yang utama untuk dapat berkomunikasi dan memperoleh informasi.
Pada kesempatan ini saya akan melakukan penelitian penjualan perdana paket internet simpati dan indosat. Penelitian ini dilakukan berdasarkan data yang saya peroleh dari suatu konter yang menjual pulsa dan paket data yang ada di Gresik. Disini saya mengambil sampel data penjualan perdana paket data telkomsel dan indosat. Saya akan membandingkan rata-rata penjualan kedua paket perdana tersebut.

B. RUMUSAN MASALAH
1. Adakah perbedaan rata-rata antara hasil penjualan perdana paket data telkomsel dan perdana paket data indosat?
2. Penjualan perdana paket manakah yang lebih tinggi?


C. TINJAUAN PUSTAKA
1. Pada data yang saya gunakan merupakan data hasil dari penjualan perdana paket data per hari selama satu bulan pada bulan Februari. Data yang saya gunakan termasuk dalam data dua sampel bebas. Maka pada data ini akan dilakukan uji independent t-test.

2. Uji Normalitas


Dari hasil di atas dapat dilihat pada kolom Shapiro-Wilk dan dapat diketahui bahwa nilai signifikansi untuk perdana Simpati adalah 0.345 dan untuk perdana Indosat sebesar 0.306 maka dapat disimpulkan bahwa data pada variabel perdana Simpati dan untuk perdana Indosat berdistribusi normal.

3. Uji 2 Sampel Bebas
Uji T dua sampel independen (bebas) adalah metode yang digunakan untuk menguji kesamaan rata-rata dari dua populasi yang bersifat independen, dimana peneliti tidak memiliki informasi mengenai ragam populasi. Independen maksudnya adalah bahwa populasi yang satu tidak dipengaruhi atau tidak berhubungan dengan populasi yang lain. Ataupun bisa dikatakan uji t dua sampel bebas yang dimakasud disini adalah sampel yang tidak berpasangan, artinya sumber data berasal dari subjek yang berbeda.
Uji T digunakan apabila memenuhi syarat yaitu datanya berdistribusi normal, kedua kelompok/ sampel data bebas (independen), dan jumlah datanya kurang dari 30. Dalam lingkup uji t untuk pengujian hipotesis dua sampe bebas, maka ada satu hal yang perlu mendapat perhatian, yaitu apakah ragam populasi (bukan ragam sampel) diasumsikan homogen (sama) atau tidak. Bila ragam populasi diasumsikan sama, maka uji t yang digunakan adalah uji t dengan asumsi ragam homogem, sedangkan apabila ragam populasi dari dua sampel tidak diasumsikan homogen, maka yang lebih tepat adalah menggunakan uji t dengan asumsi ragam tidak homogen (t-aksen). Uji t dengan ragam homogen dan tidak homogen memiliki rumus hitung yang berbeda. Oleh karena itulah, apabila uji t hendak digunakan untuk melakukan pengujian hipotesis terhadap dua sampel, maka harus dilakukan pengujian mengenai asumsi kehomogenan ragam populasi terlebih dahulu, apakah populasi yang diambil homogenitas atau tidak.

4. Pengumpulan Data
5. Hasil dan Pembahasan




  1. H0 : Rata-rata penjualan perdana paket data Telkomsel sama dengan rata-rata penjualan paket data Indosat
  2. H1 : Rata-rata penjualan perdana paket data Telkomsel tidak sama dengan rata-rata penjualan paket data Indosat
  3. Uji dua sisi dengan tingkat signifikan 5% atau 0,05 (ukuran standar yang digunakan dalam penelitian)
  4. Dari tabel diatas didapat nilai t hitung adalah 1,909
  5. Dengan pengujian 2 sisi (signifikasi = 0,025) hasil diperoleh untuk t tabel sebesar 2,051
  6. H0 diterima dan H1 ditolak jika t hitung < t tabel
  7. H0 ditolak dan H1 diterima jika t hitung > t tabel
  8. Nilai t hitung < t tabel (1,909 < 2,051)


6. Kesimpulan
Oleh karena nilai t hitung < t tabel (1,909 < 2,015) maka H0 diterima, artinya rata-rata penjualan perdana paket data Telkomsel sama dengan rata-rata penjualan perdana paket Indosat.
Maka rata-rata penjualan dari dua perdana paket tersebut sama besarnya.

0 Response to "Laporan Uji Rata-Rata Menggunakan SPSS (Statistika)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel